Agrowisata PPG Cluster Durian

Obyek Wisata "Agrowisata PPG Cluster Durian"

Sejarah

Pada tahun 1990, Perhutani membabat daerah hutan pinus Sidomulyo untuk dijadikan persemaian bibit pinus lingkup Jawa Timur. Selama 3 tahun pembabatan, akhirnya tahun 1993 diresmikan sebagai pusat persemaian bibit pinus yang diberi nama  Persemaian Permanen Garahan (PPG). Dahulunya daerah Persemaian ini masuk Kawasan Garahan dikarenakan Desa Sidomulyo dulunya adalah satu Kawasan administrasi dengan desa Garahan. Sampai saat ini nama tersebut tetap menjadi identitas Persemaian yang ada di desa Sidomulyo. 

Selama 12 tahun PPG sempat berhenti beroperasi karena beberapa daerah seperti Tuban, Madiun, Kediri, Bondowoso, dan Situbondo yang awalnya bekerja sama dengan PPG tidak lagi bekerja sama dikarenakan daerah tersebut sudah terdapat persemaian tersendiri. 

Kemudian pada tahun 2020, PPG bekerja sama dengan salah satu warga Sidomulyo yang bernama Sugianto sebagai investor utama. Sehingga didirikanlah sebuah tempat wisata di persemaian tersebut yang diresmikan  pada tanggal 5 Desember 2020 yang diberi nama “PPG Cluster Durian” karena Pada saat itu juga PPG mendapatkan suplai bibit durian sebanyak 4000 bibit pohon. 

Deskripsi

Pengunjung akan disambut dengan rimbunnya hutan pinus dan suasana alami yang menenangkan. Berbagai tanaman dan pertanian menjadi pemandangan yang indah, menghadirkan keindahan dan ketenangan yang jarang ditemukan di perkotaan.

Di Agrowisata PPG Cluster Durian, pengunjung  akan dapat mempelajari berbagai jenis tanaman dan metode budidaya yang digunakan dalam pertanian modern. Ada kemungkinan pengunjung akan diajak berkeliling melalui petak-petak perkebunan, di mana pengunjung dapat melihat langsung tanaman seperti bibit pinus, bibit jati dan bibit durian. Pemandu yang ahli akan memberikan penjelasan tentang teknik bertani yang digunakan, perawatan tanaman, dan pentingnya keberlanjutan dalam pertanian.

Agrowisata PPG Cluster Durian juga menyediakan beberapa wahana yang dapat dinikmati pengunjung, seperti berenang, Tubing atau kintir-kintiran, gowes, paket grill, All Terrain Vehicle (ATV), paket Outbond, wahana permainan anak-anak dan beberapa fasilitas pedukung lainnya, seperti Café dan Rest Area, meeting room, camping ground, guest house, villa, Sewa Sepeda, Kereta wisata, lapangan olahraga, kamar mandi, musholla, free wifi, dan terdapat banyak spot foto yang menarik.

Harga Tiket

Rp. 5.000/orang

Contact

Foto Obyek Wisata Agrowisata PPG Cluster Durian

Klik Maps untuk mendapatkan rute perjalanan menuju ke Obyek Wisata