Batik Sidomulyo

Education Tourism "Batik Sidomulyo"

Sejarah

Berawal dari pelatihan batik yang diadakan oleh GPS (Gerakan Pemuda Sidomulyo) pada bulan Agustus 2017 dengan tujuan untuk pemberdayaan masyarakat Sidomulyo. Sehingga terbentuklah 3 kelompok pengrajin batik yaitu Putri Manis, Karya Ibu dan Blirea yang masing-masing berasal dari dusun Curah Manis, Krajan dan Curah Damar. Kemudian dibentuk menjadi satu kelompok pengrajin batik yang diberi nama Batik Sidomulyo dan telah diresmikan pada tanggal 21 April 2018.

Kini Batik Sidomulyo sudah memproduksi beberapa macam batik tulis dan cap dengan motif beraneka ragam yaitu Biji kopi Sidomulyo sebagai Desa penghasil Kopi Robusta terbesar di Jember, Bunga Pinus yang menggambarkan Desa Sidomulyo dikelilingi oleh hutan pinus dan Bunga Anggrek Gumitir yang menggambarkan keindahan flora yang ada di Gunung Gumitir.

Deskripsi

Pengunjung akan disambut dengan galeri yang terdapat berbagai macam batik Sidomulyo mulai dari yang tradisional hingga yang modern, dengan berbagai pola, warna, dan motif yang khas. Pengunjung akan mendapatkan pemahaman tentang Teknik-teknik dalam membatik dari teknik mendesain/menggambar motif sesuka hati, menyanting, mewarnai, fiksasi atau penguncian warna, nglorod, pengeringan, hingga produk hasil buatan sendiri dapat dibawa pulang untuk dijadikan oleh-oleh.

Dalam wisata edukasi batik, pengunjung juga dapat membeli batik asli sebagai oleh-oleh atau kenang-kenangan. Pengunjung  akan menemukan berbagai pilihan batik berkualitas tinggi, baik dalam bentuk kain maupun produk-produk olahan batik, seperti pakaian, aksesori, atau barang hiasan rumah.

Harga Tiket

Wisata Edukasi 7000/orang

Wisata kreatif 25.000/orang

Contact

Foto Batik Sidomulyo

Klik Maps untuk mendapatkan rute perjalanan menuju ke Obyek Wisata