Education Tourism “Raja Domba Indonesia”

Obyek Wisata "Education Tourism “Raja Domba Indonesia”"

Sejarah

Selain dikenal penghasil kopi robusta terbesar di kabupaten Jember, Desa Sidomulyo juga dikenal sebagai peternak domba terbesar di kabupaten Jember. Sehingga terbentuklah suatu kelompok masyarakat bernama Kelompok Ternak Bina Mandiri yang diberdayakan oleh UPT Pembibitan Ternak dan HMT (UPTPTHMT) milik Provinsi Jawa Timur, yang ada di Desa Sidomulyo. Semua anggota Kelompok Ternak Bina Mandiri diberdayakan oleh UPTPTHMT dengan diberi 5 ekor domba termasuk Muhammad Salim yang merupakan pendiri Raja Domba. 

Pada tahun 2005, Muhammad Salim mendirikan usaha ternak dombanya dengan sistem bagi hasil dengan UPTPTHMT, kemudian Muhammad Salim berdikari tidak bekerja sama dengan UPTPTHMT pada tahun 2008. 

Raja Domba berasal dari “Raja” nama salah satu ekor domba miliknya yang merupakan domba terbesar dengan berat sebesar 130kg. Namun, domba tersebut sudah terjual dan hanya tinggal namanya saja yang dikenang. Seiring berjalannya waktu, usaha ternak Muhammad Salim semakin dikenal diseluruh Indonesia, sehingga usahanya dinamakan Raja Domba Indonesia.  

Deskripsi

Pengunjung dapat belajar dari cara membuat pakan domba, memberi makan domba sampai dengan jenis-jenis domba. Pengunjung juga dapat menunggangi domba berkeliing sekitar kandang.

Harga Tiket

Rp. 7.000/orang

Contact

Foto Obyek Wisata Raja Domba Indonesia

Klik Maps untuk mendapatkan rute perjalanan menuju ke Obyek Wisata