Terowongan Mrawan

Obyek Wisata "Terowongan Mrawan"

Sejarah

Terowongan Kereta Api Mrawan terletak di Wilayah Sidomulyo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember. Terowongan yang membelah Gunung Gumitir ini terletak antara Stasiun Mrawan dan Stasiun Kalibaru di km 30+777. Sampai saat ini, Terowongan Mrawan dengan panjang 690 m merupakan terowongan aktif terpanjang kedua di Indonesia. Saat ini,  terowongan berada di bawah Daerah Operasi IX Jember yang dilewati oleh kereta api jarak jauh seperti Mutiara Timur Siang, Mutiara Timur Malam, Sri Tanjung, Tawang Alun dan kereta api lokal Pandanwangi, Probowangi.

Terowongan Mrawan dibangun pada kurun waktu 1901-1902 dan dilakukan penyempurnaan bangunan tahun 1910 oleh Perusahaan Kereta Api Negara, Staatssporwegen (SS).  Pembangunan terowongan ini masuk ke dalam proyek pembangunan jalur kereta api Kalisat-Banyuwangi yang dipimpin oleh seorang Hoofdingienieur (kepala Insinyur).

Deskripsi

Wisata edukasi Terowongan Mrawan memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk mempelajari secara mendalam tentang sejarah mengenai Terowongan pada masa pembangunan oleh Belanda . Destinasi wisata ini menawarkan pengalaman yang menarik bagi pengunjung yang tertarik dengan sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia. Pengunjung dapat menjelajahi terowongan dengan dipandu oleh pemandu wisata yang berpengalaman, yang akan menjelaskan tentang peran terowongan dalam kehidupan para pejuang di dalamnya.

Terowongan Mrawan juga memiliki lingkungan alam yang indah di sekitarnya. Pengunjung dapat menikmati pemandangan perbukitan yang hijau dan udara segar yang menyegarkan. Dengan kombinasi antara nilai sejarah, dan keindahan alam, Terowongan Mrawan menjadi destinasi wisata yang menarik bagi pengunjung yang ingin mempelajari sejarah Indonesia sambil menikmati pesona alam Gunung Gumitir.

Harga Tiket

Paket Wisata : Rp 30.000/orang

Contact

Foto Obyek Wisata Terowongan Mrawan

Klik Maps untuk mendapatkan rute perjalanan menuju ke Obyek Wisata